Selasa, 24 Maret 2015

Manusia dan Penderitaan

Definisi penderitaan

Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta dhra artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan itu dapat lahir atau batin, atau lahir batin.
Penderitaan termasuk realitas dunia dan manusia. Intensitas penderitaan bertingkat-tingkat, ada yang berat ada juga yang ringan. Namun peranan individu juga menentukan berat-tidalmya intensitas penderitaan. Suatu peristiwa yang dianggap penderitaan oleh seseorang belum tentu merupakan penderitaan bagi orang lain. Dapat pula suatu penderitaan merupakan energi untuk bangkit bagi seseorang, atau sebagai langkah awal untuk mencapai kenilcmatan dan kebahagiaan.
Penderitaan akan dialami oleh semua orang, hal itu sudah merupakan “risiko” hidup. Tuhan memberikan kesenangan atau kebahagiaan kepada umatnya, tetapi juga memberikan penderitaan atau kesedihan yang kadang-kadang bennakna agar manusia sadar untuk tidak memalingkan dariNya. Untuk itu pada umumnya manusia telah diberikan tanda atau wangsit sebelumnya, hanya saja mampukah manusia menangkap atau tanggap terhadap peringatan yang diberikanNya? . Tanda atau wangsit demikian dapat berupa mimpi sebagai pemunculan rasa tidak sadar dari manusia waktu tidur, atau mengetahui melalui membaca koran tentang terjadinya penderitaan. Kepada manusia sebagai homo religius Tuhan telah memberikannya


Siksaan
  • Definisi Siksaan
Siksaan dapat diartikan sebagai siksaan badan atau jasmani ,dan dapat juga berupa siksaan jiwa atau rokhani .Akibat yang ditimbulkan dari siksaan timbulah penderitaan.
  • 3 Siksaan yang Bersifat Psikis
Siksaan yang sifatnya psikis antara lain adalah :

1. Kebimbangan
Kebimbangan dialami oleh seseorang apabila ia pada suatu saat tidak dapat menetukan pilihan mana yang akan diambil.Akibat dari kebimbangan , seseorang berada dalam keadaan yang tidak menetu ,sehingga ia merasa tersiksa dalam hidupnya saat itu .
  1. Kesepian
Kesepian dialami oleh seseorang merupakan rasa sepi dalam dirinya sendiri atau jiwanya walaupun ia dalam lingkungan ramai. Kesepian ini tidak boleh dicampur adukan dengan keadan sepi seperti yang dialami oleh petapa yang tinggal dilingkungan sepi.Kesepian juga merupaan bentuk siksaan yang dapat dialami oleh seseorang.
  1. Ketakutan
Ketakutan merupakan bentuk lain yang menyebabkan seseorang mengalami siksaan batin.Bilarasa takut itu di besar-besarkan yang tidak pada tempatnya ,maka disebut sebagai Phobia. Pada umumnya orang memiliki satu atau dua phobia ringan.seperti Takut pada tikus, ketinggian, kegelapan, dan sebagainya.


  • Phobia
Macam- Macam Phobia :
  1. Claustrophobia dan Agoraphobia
    Claustrophobia adalah rasa takut terhadap ruangan tertutup.Sedangkan Agoraphobia adalah Ketakutan yang disebabkan seseorang berada di ruangan terbuka.
  2. Gamang
    Gamang merupakan ketakutan bila seseorang berada di tempat yang tinggi . Hal itu disebabkan ,karna ia takut akibat berada di tempat tinggi.
  3. Kegelapan
    Merupakan suatu ketakutan seseorang bila ia berada di tempat gelap.Sebab dalam pikirannya dalam tempat gelap akan muncul sesuatu yang ditakuti seperti setan ,pencuri ,dll.Orang yag demikian selalu menghendaki agar ruangan tempat tidur  dalam keadaan terang.
  4. Kesakitan
    Merupakan ketakutan yang disebakan oleh rasa sakit yang dialami.seseorang yang takut diinjeksi sudah berteriak-teriak sebelum jarum injeksi ditusukkan kedalam tubuhnya .Hal itu disebabkan karna dalam pikirannya semuanya akan menimbulkan kesakitan.
  5. Kegagalan
    Merupakan ketakutan dari seseorang yang disebabkan karena merasa bahwa apa yang akan dijalankan mengalami kegagalan.



Kekalutan Mental
  • Definisi Kekalutan Mental
Kekalutan mental merupakan suatu keadaan dimana jiwa seseorang mengalami gangguan, kekacauan dan kebingungan dalam dirinya sehingga ia merasa tidak berdaya. Ketika kekalutan mental sedang terjadi, seseorang tersebut sedang mengalami kejatuhan mental dan tidak tahu apa yang harus di lakukan oleh orang tersebut. Apabila mental sedang jatuh sering dapat membuat orang menjadi stres dan gila. Oleh karena itu orang yang mengalami kekalutan mental harus mendapat dukungan dari orang – orang sekitar seperti keluarga, orangtua dan teman.
Penderitaan dan Perjuangan
 Manusia pasti mengalami penderitaan baik berat maupun ringan. Penderitaan adalah bagian kehidupan manusia yang bersifat kodrati yang berarti penderitaan adalah konsekuensi manusia hidup. Bahwa manusia hidup ditakdirkan tidak hanya untuk bahagia tetapi juga menderita.
Manusia adalah mahluk  berbudaya, dengan budayanya itu manusia berusaha mengatasi penderitaan yang dialaminya. Pembebasan dari penderitaan Hakekatnya meneruskan kelangsungan hidup dengan cara berjuang menghadapi tantangan hidup berserta berdoa kepada Tuhan.

Penderitaan dan Sebab 
Apabila kita kelompokkan secara sederhana berdasarkan sebab – sebab timbulnya penderitaan, maka penderitaan manusia dapat diperinci sebagai berikut :
  • Penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia
    Penderitaan yang menimpa manusia karena perbuatan buruk manusia dapat terjadi dalam hubungan sesama manusia dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya. Penderitaan yang terkadang disebut nasib buruk ini dapat diperbaiki bila manusia itu mau berusaha untuk memperbaikinya.
  • Penderitaan yang timbul karen penyakit, siksaan / azab Tuhan
    Penderitaan manusia dapat juga terjadi akibat penyakit atau siksaan / azab Tuhan. Namun kesabaran, tawakal dan optimisme merupakan usaha manusia untuk mengatasi penderitaan itu.


Jelaskan Bagaimana Jika Kalian Mengalami Penderitaan? Apa Yang Akan Kalian Lakukan Umtuk Menghadapi & Menghentikan Penderitaan Tersebut?
Jika kita sedang mengalami sebuah penderitaan, cobalah agar lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, jangan malah kita lebih menjauh dari sang pencipta, jika kita malah menjauh dari Allah SWT, makanya penderitaan akan lebih banyak menimpa kita.
Dalam islam jika menghadapi masalah yang membuat jiwa lelah maka BERWUDU’LAH, jika gelisah membuat hati resah maka BERZIKIRLAH, ketika diri tak kuasa memikul amanah, maka BERSUJUDLAH. Ikhlaskan semua dan mendekatlah kepadanya (Allah SWT). Allah lah sebaik-baik tempat kembali.




Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar